- Blog Personal Informations

30 December 2012

Hikmah dari kupu-kupu


HIKMAH DARI KUPU-KUPU Sauatu hari seorang laki-laki duduk dan dengan sungguh memperhatikan bayi kupu-kupu yang sedang berusaha keras , dan sekuat tenaga untuk bisa keluar dari lubang kecil kepompong yang menjerat tubuhnya…Sudah berjam-jam lamanya, bayi kupu-kupu itu berusaha, namun tidak membuahkan hasil sama sekali, dan bayi kupu-kupu itu masih terperangkap dalam kepompong nya…

Kemudian laki-laki yang duduk dan sedang mengamati peristiwa itu… terpanggil jiwanya dan bermaksud menolong bayi kupu-kupu tersebut, agar bisa keluar dari kepompong yang menjeratnya, dan berharap agar bayi kupu-kupu dapat segera terbang seperti halnya kupu-kupu yang lain, kemudian laki-laki tersebut mengambil gunting dan memotong ujung kepompong agar terbuka lebar dan bayi kupu-kupu tersebut bias keluar….

Akhirnya… Kupu-kupu itu dengan mudah bisa keluar dari kepompong yang menjerat tubuhnya… Sang penolong pun, yakni laki-laki tadi tersenyum laga, karena kupu-kupu sekarang telah bebas… Namun…. Laki-laki tersebut tiba-tiba sedih, ketika melihat kupu-kupu keluar dengan sangat lemah, merangkak dan sayap-nya berkerut tidak mengembang, sehingga tidak bisa terbang….

Laki-laki tersebut dengan kesedihannya terus memandangi kupu-kupu yang lemah dan tidak bisa terbang itu, dan berharap, kelak suatu saat kupu-kupu tersebut dapat kuat, mengembang sayapnya dan bisa terbang dengan bebasnya…. 
Namun yang terjadi? Kupu-kupu tersebut menghabiskan sisa umurnya dengan merangkak, lemah, sayap yang mengkerut dan selamanya tidak bisa terbang……

Lelaki baik dan penolong ini tidak mengerti bahwa kepompong yang menjerat maupun perjuangan yang yang dibutuhkan oleh kupu-kupu untuk dapat lolos melewati lubang kecil kepompong, adalah cara Allah untuk mendorong cairan tubuh dari kupu-kupu kesayapnya, agar kuat dan siap untuk terbang sewaktu waktu setelah bebas dari kepompongnya nanti. Perjuangan adalah mutlak dibutuhkan dalam menjalani hidup kita ini. Apabila Allah membolehkan kita hidup tanpa masalah dan hambatan, ini hanya akan membuat kita lemah. Kita tidak akan sekuat ini. Tidak pernah bisa se sukses ini…. 

Saya memohon diberi kekuatan…..
Dan Allah memberikan kesulitan agar membuat saya kuat.

Saya memohon agar menjadi bijaksana….
Dan Allah memberi saya masalah untuk diselesaikan...

Saya memohon diberi keberanian…..
Dan Allah memberikan hambatan untuk dilewati.

Saya memohon Rasa Cinta…
Dan Allah memberikan orang – orang bermasalah untuk dibantu.

Saya memohon untuk diberi Ilmu dan Kepandaian….
Dan Allah memberikan waktu dan kesempatan yang seluas-luasnya untuk belajar.

Saya memohon Kelebihan…
Dan Allah memberi saya jalan untuk menemukannya.

Saya memohon untuk menjadi orang yang jujur dan adil
Dan Allah memberikan kesempatan dan kepercayaan dari orang.

“Saya tidak menerima apapun yang saya minta…
Akan tetapi saya menerima semua yang saya butuhkan”

Hidup dengan keberanian, hadapi semua masalah, hambatan dan tantangan,
tunjukan bahwa kamu bisa mengatasinya, dengan ini kamu pasti menjadi
orang kuat dan tidak rapuh dalam menjalani hidup ini….

Usahakanlah sekuat tenaga untuk mencari bakat mu, luangkanlah waktu belajar untuk menambah pengetahuan dan keterampilanmu….
Dan berdo’alah kepada-Nya, agar di tunjukkan jalan yang benar,
dalam menemukan peluang dan jangan bosan-bosan untuk berusaha,
Mula-mula kita memilih ayat al-Quran yang menganjurkan agar kita berusaha, di antara firman Allah Ta’ala di dalam kitabNya:

Allah Ta’ala telah menjadikan masa siang itu sebagai masa untuk berusaha mencari kenikmatan untuk meneruskan kehidupan (An-naba':11).
.....Bersambung.....

Previous
Next Post »